Ngapain Fax Kalau Ada Email

 on 19 Maret 2012  

No MailSebagai sebuah kantor pemerintahan di bidang pendidikan, kami sering menerima telefon dari instansi terkait yang menanyakan nomor fax, biasanya mereka ingin menyampaikan surat (undangan diklat, dll) agar informasinya sampai lebih dahulu sebelum surat resminya sampai lewat pos. Sayangnya kami tidak (pernah) memiliki mesin fax, sehingga mereka batal mengirimkannya kepada kami karena mereka tidak mau (tidak bisa) mengirimkannya lewat email. Jauh sebelum zamannya internet, fax sangatlah penting dalam hal menyampaikan suatu dokumen cetak dengan cepat, cukup dengan mesin fax dan saluran telefon kabel. Sekarang zaman sudah berubah, internet bisa masuk sampai ke pelosok desa, bahkan dengan jaringan seluler (nirkabel), sehingga menyampaikan sebuah dokumen tidak serepot menggunakan fax, cukup lewat email, dokumenpun bisa berpindah tempat dengan cepat, bahkan tanpa perlu mencetaknya, file dokumen bisa dikirimkan ketujuannya.
Yang menjadi pertanyaan kami sekarang masih sangat pentingkah memiliki fax dalam sebuah kantor, sementara anak SD aja sudah banyak yang memiliki akun Facebook, yang artinya mereka sudah memiliki sebuah email sebagai syarat untuk membuka akun jejaring sosial tersebut. Kenapa kita tidak memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah urusan administrasi. Sementara pengelola IT di SKB tiap daerah (kota/kabupaten) sudah diajari penggunaan internet, jaringan, bahkan pembuatan web, kenapa masalah pengiriman dokumen masih mengandalkan fax? Adakah manfaat penggunaan fax ini yang tidak bisa digantikan dengan email? mohon masukan para pembaca biar kita lebih paham.
Ngapain Fax Kalau Ada Email 4.5 5 eer 86 19 Maret 2012 Sebagai sebuah kantor pemerintahan di bidang pendidikan, kami sering menerima telefon dari instansi terkait yang menanyakan nomor fax, biasa...


1 komentar:

Mohon beri komentar dengan bahasa yang santun, terima kasih

Copyright © SKB Kota Banjarmasin. Didukung oleh taRing All Rights Reserved.